Komponen Yang Wajib Dicek Ketika Ingin Beli Mobil Bekas

Hasil gambar untuk site:caroline-id.com

Ada bagian tersembunyi yang sering terlewatkan untuk dicek ketika seseorang ingin membeli mobil bekas. Ini sangat wajar ketika orang tersebut tidak memahami bagaimana cara mengetahui kualitas mobil seken. Bukan hanya mesin yang harus dicek walaupun memang mesin itu penting. Namun, ketika Anda sampai di tempat jual mobil bekas terpercaya, jangan asal pilih karena body-nya bagus dan ketika test drive kondisi di dalam kabin sangat nyaman.

Komponen manakah tersebut?

Salah satunya adalah komponen body, tapi bukan body yang terlihat dari luar. Anda perlu masuk ke dalam kabin lalu lihat bagian body yang tertutup dengan karpet. Bagian tersebut yang paling sering tidak terjamah oleh pemilik. Bahkan, bagian tersebut jarang dibersihkan. Lebih dari itu, ketika mobil sering digunakan dan bagian bawah tersebut jarang dibersihkan, besar kemungkinan bagian tersebut berkarat atau bahkan keropos.

Oleh sebab itu, masuklah ke kabin. Coba cek fitur-fitur di dalamnya. Namun, jangan lupa untuk sesekali buka karpet bagian bawah.

Komponen selanjutnya yang tak boleh terlewatkan untuk dicek adalah kolong mobil. Sebagian besar mobil rusak di bagian kolong. Apalagi mobil tersebut sering terkena banjir. Bukan tidak mungkin bagian kolong sudah berkarat.

Itulah mengapa sangat tidak disarankan membeli mobil bekas yang dulunya digunakan di daerah pesisir atau daerah yang rawan banjir. Dengan terlalu seringnya body mobil terkena air banjir atau air laut yang mengandung garam, body sangat mungkin keropos, terutama bagian kolong.

Yang tak kalah pentingnya lagi adalah pengecekan kelengkapan standar. Harus Anda pahami ada penjual nakal di mana sebelum mobil dijual, kelengkapan standar diambil atau diganti dengan yang palsu. Kelengkapan standar itu seperti visor, headlamp, foglamp, serta audio. Ini harus Anda cek keasliannya karena jika sudah diganti dengan yang palsu, Anda akan keluar banyak uang untuk membeli kelengkapan standar yang asli.

Seharusnya, hal-hal tersebut tidak perlu Anda pikirkan jika Anda memilih untuk membeli di tempat jual mobil bekas terpercaya. Karena biasanya pemilik showroom sangat selektif dalam memilih mobil bekas yang ia jual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *