Beberapa Perilaku Generasi Z Yang Harus Dipahami Para Pemasar

Untuk Kamu Para Generasi Millennial, Ini 6 Alasan Kamu Harus Mulai Hidup Sehat dari Sekarang!

Akan berbedanya kondisi dari setiap generasi yang tumbuh dan juga berkembang. Hal ini nantinya akanĀ  membentuk karakter yang dominan yang pastinya antara generasi yang satu dengan yang lainnya itu akan berbeda beda. Seiring dengan berjalannya waktu maka para pemasar harus bersiap siap didalam memahami karakteristik dari generasi generasi setelah millennials atau Gen Z yang lahir pada tahun 1996 hingga 2010, yang akan dapat dibidik oleh pemasar dimasa depan. Sebelum membidik Generasi Z maka adanya perilaku dari generasi ini yang perlu dipahami oleh para pemasar.

Berikut beberapa perilaku Generasi Z yang harus dipahami para pemasar diantaranya yaitu :

  1. Generasi Yang TIdak Mudah Termakan Iklan

Sebuah penelitian tentang AdReaction : Engaging Gen X, T, and Z yang telah dirilis oleh Kantar Millward Brown menunjukkan jika Generasi Z ini memiliki perilaku yang unik didalam menanggapi sebuah konten iklan. Mereka memiliki karakter tidak akan mudah terpengaruh oleh konten iklan. Untuk dapat memikat perhatian mereka maka para pemasar harus lebih kreatif.

  1. Generasi Yang Masih Mengkonsumsi Televisi

Sebuah surevi yang dilakukan oleh Google Consumer Barometer menemukan jika sebanyak 80 % Generasi Z di Indonesia mengakui jika internet akan digunakannya untuk memenuhi keperluan pribadi mereka sehari hari. Sehingga tidak heran jika sebanyak 99 % Generasi Z mengakui jika lebih sering terlibat didalam penggunaan basic mobile phone atau mobile phone dan smartphone. Yang tidak kalah menarik adalah ditemukannya fakta meski Generasi Z ini tumbuh pada era digital, tetapi mereka masih tetap menggunakan Televisi sebagai perangkat yang eksis. Generasi Z di Indonesia sebanyak 94 % nya masih menggunakan TV dan meski 62 % nya mengakui menggunakan perangkat yang lainnya pada saat menonton acara TV seperti tablet, komputer, ataupun smartphone.

  1. Generasi Yang Narsis

Ada hal yang lebih menarik dari Generasi ini yaitu kecenderungannya Generasi Z ini didalam menggunakan media sosial telah membentuk sosok dengan karakter yang narsis. Ada berbagai fitur yang sedang populer di media sosial seperti YouTube Live, Instagram Live, atau juga Facebook Live yang akan mendorong hasrat mereka untuk mendapatkan pengakuan dari apa yang telah dilakukannya. Aktivitas mereka yang dipamerkannya di media sosial membutuhkan apresiasi dari kawan kawannya.

  1. Generasi Yang Terbuka Dengan Teknologi Baru

Generasi Z terhadap teknologi baru akan sangat terbuka. Tingkat adaptasi yang mereka miliki sangat tinggi. Sebagai contoh pada saat sebuah brand memperkenalkan teknologi baru semacam AR atau Artificial Intelligence, VR atau Virtual Reality, atau juga Wearable Devices, maka generasi Z ini akan sangat cepat untuk beradaptasi dengan hal yang baru baru ini. Bagi sebuah brand hal ini bida dijadikan sebagai test market pada saat ingin memperkenalkan produk yang related dengan menggunakan teknologi yang baru. Tetapi yang jelas aktivitas digital dikalangan Gen Z ini akan dipahami oleh brand tersebut.

Itulah beberapa perilaku Generasi Z yang harus dipahami para pemasar. Selain itu juga Generasi Z ini akan lebih menyukai untuk mengkonsumsi konten konten yang sifatnya micro storytelling. Generasi ini akan menyukai hal hal yang singkat dan biasanya akan berisi video. Secara umum ini hampir sama dengan Twitter tetapi dikemas dalam bentuk storytelling berupa Video.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *